Cara Membuat Situs Iklan Baris

Making Connection and Making Trip

Menyambung rangkaian string (making connection) dan Mencabut atau menurunkan rangkaian string (tripping out dan tripping in) merupakan kegiatan rutin yang sering menggunakan peralatan hoisting system pada saat operasi pemboran.

1. Menyambung Rangkaian String (Making Connection) merupakan kegiatan penyambungan berhubungan dengan proses penambahan sambungan baru pada drillpipe untuk penembusan yang makin dalam. Proses ini dapat dilihat pada (Gambar 1.1).

Jadi pas ngambil drillpipe buat kegiatan making connection itu ga langsung dari rak drillpipe gan, sebelumya udah disiapin yang namanya mouse hole, mouse hole disini bukan lubang tikus ya gan tapi lubang yang di gunakan untuk tempat drillpipe yang siap buat making connection,. mouse hole sendiri kedalamanya gak ngelebihin panjang tiap 1 rangkaian drillpipe (ex : 2 joint, 3 joint) jadi pas ngangkat drillpipe ga ribet sama ga ngedanger juga gan (ex : memperkecil ayunan), jadi making connection akan lebih cepat gan. liat gambar dibawah ini aja deh. :D


2. Mencabut dan Menurunkan Rangkaian String (Tripping Out dan Tripping In) merupakan kegiatan ini meliputi proses pencabutan drillstring dari lubang bor untuk mengganti kombinasi peralatan yang digunakan dibawah permukaan (Bottom Hole Assembly) dan kemudian menurunkan rangkaian string kembali ke dalam sumur pemboran. Kegiatan ini biasanya dilakukan untuk mengganti bit yang sudah mulai tumpul. Proses ini dapat dilihat pada (Gambar 1.2).

Cukup sekian aja ya bang, maaf kurang jelas, maklum masih nubi :). Selanjutnya ane mau berbagi tentang "Derrick atau Portable Mast dan Substruktur" panteng terus ya gan. Siip laaah.